Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Ada sebagian orang yang kurang memperhatikan terhadap laptopnya sehingga tanpa disadari laptop menjadi panas tidak normal. Padahal kondisi laptop yang terlalu panas bisa fatal lho, laptop bisa hang dan bila melewati ambang batas temperatur bisa mati mendadak.

Dan apa akibat computer sering mati mendadak ? Minimal report windows menjadi blunders dan computer tidak bisa tampil windows. Bahkan bila computer mati mendadak bisa merusak hardisk. Nah, kalau rusak hardisknya maka membutuhkan biaya mahal.

Oleh karena itu tindakan pencegahan adalah sangat penting agar laptop tetap awet sepanjang masa. Cara untuk menghindari pc agar tidak panas :

  • Meletakkan laptop pada permukaan yang datar. Sirkulasi laptop hampir semuanya melalui bagian bawah casing, oleh karena itu gunakan  permukaan  datar, misalnya meja
  • Hindari menggunakan laptop di atas kasur, sofa , dan di pangkuan. Karena tindakan ini menghambat sirkulasi udara.
  • Ingat, hampir semua tipe laptop, sirkulasi udaranya yaitu mengambil angin dari casing bawah lalu diteruskan ke bagian samping laptop.  Bagian bawah laptop dibuat lubang-lubang jendela agar proses ini berjalan baik.
  • Bila perlu, gunakan kipas / fan tambahan seperti yang banyak dijual di toko accessories komputer
  • Lakukan pembersihan kipas laptop dan pengantian thermal grease (yaitu pasta penghantar panas, dipakai pada permukaan  processor dan VGA ) secara berkala,  misalnya setahun sekali. Tetapi ini harus dilakukan oleh teknisi berpengalaman.
Kipas tambahan untuk computer

Bila semua prosedur diatas dijalankan, maka pc tidak akan 'kepanasan' dan keawetan selalu terjaga.

Komentar