Install Anti Virus Lebih Dari Satu, Apakah Diperbolehkan ??

Di dunia nyata, sebuah rumah yang dijaga banyak satpam lebih aman dibandingkan dengan hanya satu satpam. Pengamanan berlapis menjamin rumah tersebut dimasuki orang jahat.

Nah, kalau di dunia komputer, agar komputer dan pc aman dan terlindungi berbagai macam serangan virus bagaimana bila kita pasang dua atau tiga anti virus sekaligus ?

Pasti lebih aman dan lebih bagus ?? Benarkah ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya kita tahu : virus bisa masuk ke komputer/computer melalui apa?

Virus bisa masuk computer/komputer lewat media USB flashdisk atau hardisk eksternal. Dan bisa juga melalui net ketika kita browsing dan mendownload file.

Kembali ke pertanyaan di atas.

Ternyata, menginstall software perlindungan lebih dari satu justru tidak dibenarkan.  Pakar IT juga menyetujui akan hal ini. Salah satu efek buruk dapat mengakibatkan kinerja PC menjadi lambat / lemot, kadang muncul peringatan 'program not responding'

Ingat cara kerja anti virus, ia akan bekerja  mulai dari komputer baru dinyalakan (start up) hingga seterusnya. Bila kita menggunakan 2 atau lebih anti virus  akan memperberat beban komputer, sedangkan fungsinya pun tidak dijamin lebih optimal.

Oleh karena itu cukup pilih satu anti virus yang terbaik, dan selalu diupdate (ada pilihan update otomatis dan ada yang replace manual, ketika tersambung net) agar komputer dan computer kita terbebas dari serangan virus. Satu anti virus yang bagus dapat melindungi data penting kita dari aktivitas jahat yang makin hari kian berkembang canggih.

Komentar